konsumen cerdas paham perlindungan konsumen Untuk bisa menjadi konsumen cerdas paham perlindungan konsumen kita harus mengetahui hak dan kewajibannya sebagai pemakai atau pengguna suatu produk dengan mendetail.

Ikuti hal-hal seperti : teliti sebelum membeli, memperhatikan label, kartu manuaal garransi dan expaid date, memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan standar mutu K3L, serta membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan.

Yang utama dari semua itu, sebagai konsumen kita harus dapat mempertahankan dan meningkatkan tanggung jawab sosial sebagai konsumen cerdas paham perlindungan konsumen dengan cara membeli barang produksi dalam negeri, bijaksana merawat bumi, dan pola konsumsi pangan yang sehat.

Sebagai konsumen kita juga harus tahu bahwa konsumen cerdas paham perlindungan konsumen mempunyai hak dan kewajiban yang dilindungi oleh Undang-undang dan mengetahui akses ke lembaga perlindungan konsumen untuk memperjuangkan hak-haknya. Dengan pengetahuan ini maka tingkat kesadaran masyarakat dalam melindungi dirinya sendiri dan lingkungannya bisa menjadi lebih tinggi.

Seperti telah kita ketahui, pemerintah telah membuat regulasi atau payung hukum untuk melindungi konsumen, dan secara rutin pemerintah juga melakukan pengawasan. Namun tanpa dukungan nyata dari konsumen payung hukum yang telah ditetapkan pemerintak tidaklah akan efektif.

Karena itu, sejalan dengan upaya tersebut, maka tak kalah pentingnya adalah partisipasi aktif konsumen cerdas paham perlindungan konsumen untuk bersikap kritis dan membantu Pemerintah dalam melakukan pengawasan


 





Leave a Reply.